Sabtu, 29 September 2018

Latihan 1 Pertemuan 1 & 2 Metode Perancangan Program



Apa itu Program?
    Program Adalah kumpulan instruksi atau perintah yang dirangkaian sehingga membentuk suatu proses untuk mengolah data.

Apa itu Perancangan Program?
    Perancangan Program Adalah pengembangan suatu solusi terhadap masalah dan menghasilkan serangkaian instruksi yang dapat membangun sebuah program komputer untuk menghasilkan output.

Apa itu Algoritma?
     Algoritma Adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Apa saja Ciri-Ciri Algoritma?
  • algoritma digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan.
  • algoritma harus menghasilkan suatu jawaban atas permasalahan tersebut.
  • algoritma harus memiliki paling tidak satu keluaran.   
Apa saja Syarat dari Sebuah Algoritma?
  • Terdefinisi Jelas ( Definiteness )
  • Menghasilkan Keluaran ( Output )
  • Tingkat Kepercayaan Tinggi ( Realibility )
  • Pemrosesan yang efisien ( Cost rendah )
  • Sifatnya General
  • Bisa Dikembangkan (  Expandable )
  • Berlaku untuk setiap himpunan input sesuai dengan masalah yang diberikan ( Generality )
  • Memberi solusi yang diharapkan ( Effectiveness )
  • Harus Ada Akhir ( Terminate )
  • Output yang dihasilkan harus tepat


PSEUDOCODE

Pseudocode adalah deskripsi dari algoritma pemrograman komputer yang menggunakan konvensi struktural dari suatu bahasa pemrograman, dan ditujukan agar dapat dibaca oleh manusia dan bukan oleh mesin. Pseudocode biasanya tidak menggunakan elemen cukup detail yang tidak perlu untuk kebutuhan pemahaman manusia dari suatu algoritma, seperti deklarasi variabel dan kode.

TUJUAN PSEUDOCODE

Tujuan pseudocode adalah agar manusia dapat dengan mudah dalam pemahaman dibandingkan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang umumnya digunakan, aspeknya yang relatif ringkas dan tidak bergantung pada suatu sistem tertentu yang merupakan prinsip utama dalam suatu algoritma.

STRUKTUR PSEUDOCODE
  1. Judul (Header) yaitu mendefinisikan nama dengan menentukan apakah teks tersebut adalah program,prosedur atau fungsi. {Berisi Judul daripada Algoritma tersebut}
  2. Deskripsi yaitu mendefinisikan langkah-langkah penyelesaian masalah mulai dari input,proses dan output. {Berisi Deklarasi Variabel atau Konstanta}
  3. Implementasi/Deklarasi  yaitu mendefinisikan nama variabel, nama konstanta, nama prosedur, nama fungsi yang akan digunakan dalam algoritma.{Berisi Inti daripada Algoritma tersebut}

CONTOH PSEUDOCODE

Program Luas_Lingkaran ( Header )
     {menghitung luas sebuah lingkaran apabila jari-jari lingkaran tersebut diberikan}

Deskripsi
      Baca data r
      luas_lingkaran = phi * r * r
      cetak luas_lingkaran

Deklarasi
      inisialisasi konstanta phi = 3,14
      inisialisasi r, luas_lingkaran


FLOWCHART

      Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.

SIMBOL SIMBOL FLOWCHART













CONTOH FLOWCHART










CONTOH LATIHAN TUGAS

Buatlah pseudocode & flowchart untuk menghasilkan 1 liter air dengan menggunakan tabung dengan ukuran 3 liter dan 5 liter.

JAWAB:

Pseudocode

  1.   Isi penuh Tabung 3 liter setelah itu tuangkan semua air  ke Tabung 5 liter
  2.  Tabung 3 liter yang kosong tadi kembali di isi air sampai penuh.
  3. Tuangkan Tabung tersebut ke Tabung 5 liter lagi yang terisi 3 liter di dalamnya.
  4. Tabung 5 liter sekarang menjadi terisi 5 liter
  5. Tabung 3 liter tersisa 1 liter



Logika

    3 + 3 = 6
    6 - 5 = 1

Keterangan:

 3 (air pada Tabung).
 6 (jumlah Air).
 5 (kapasitas Tabung).
 1 (air yang Tersisa).



FLOWCHART

       


Semoga Bermanfaat ..
Salah atau benarnya ditanggung sendiri yah hehe 😂


12 komentar: